• Bahasa Indonesia
  • English
  • Daftar Isi

    Kata Pengantar

    Blackanswered pertama menghembuskan nafasnya beberapa tahun lalu sebagai jawaban dari sebuah keresahan. Seperti tertera dalam namanya, keresahan tersebut adalah milik para pecinta kopi serta pemilik kedai kopi yang membutuhkan alat seduh kopi yang simpel serta terjangkau tanpa kehilangan kualitas dari kopi yang pekat. Setelah proses riset serta eksperimen selama dua tahun, terciptalah alat seduh kopi yang menyediakan kualitas selevel mesin kopi otomatis yang secara konvensional digunakan kedai-kedai kopi lain, namun tanpa segala kerumitan yang dibawa oleh mesin-mesin tersebut. Tanpa perlu sepercik listrik ataupun perawatan yang memusingkan, Blackanswered mampu hidup dengan memberi kehidupan.

    Dalam proses penciptaan Blackanswered, ada beberapa aspek yang dipertimbangkan. Selain aspek fungsional dari produk yang mumpuni, juga ada aspek filosofis yang diperhitungkan. Misalnya, pembentukan tangki air Blackan- swered yang diberi tujuh sisi menjadi bentuk doa yang disematkan dalam angka tujuh atau “pitu” yang dalam bahasa Jawa memiliki filosofi yang bermakna “pitulungan” atau bantuan. Selaras dengan namanya, Blackan- swered dilahirkan sebagai bentuk “pitulungan” atau bantuan terhadap keresahan-keresahan yang ada. Setelah beberapa tahun memegang teguh doa yang tersemat dengannya, sekarang Blackanswered telah kembali menelaah filosofi dari angka tujuh menjadi bentuk yang baru.

    “Pitulungan” dapat dimaknai sebagai seman- gat kolaborasi, persahabatan, dan dialog, ujar Blackanswered. Pemaknaan baru ini pun menjadi dasar inisiatifnya untuk menciptakan kolaborasi dengan kawan-kawan baru. Niat ini lah yang menjadi cikal bakal dari pameran seni 7Artpresso, sebuah ajang kolaborasi antara Blackanswered dengan tujuh seniman berpen- garuh untuk bersama berubah menjadi sesuatu yang sepenuhnya baru.

    Membawa karakter seniman yang masing-masing memiliki ciri khas, 7Artpresso merupakan sarana untuk memadukan karakteristik tiap seniman dengan ciri khas dari Blackanswered yang sendirinya memiliki aspek estetis. Pameran seni ini menjadi manifestasi dari filosofi yang sama dalam media cerita yang berbeda.

    Kami berterima kasih kepada Tuhan YME, para seniman kolaborator yang telah berdinamika bersama Blackanswered, serta semua pihak yang telah bersama membantu menghadirkan serta melancarkan pameran seni 7Artpresso. Selain itu, tentu kami sangat berterima kasih kepada Anda karena telah hadir dan turut serta menjadi saksi keberlanjutan perjalanan hidup Blackanswered. Kami berharap untuk dapat senantiasa melanjutkan kisah Blackanswered, serta semoga Anda semua dapat ikut serta menikmati karya ciptaan kita bersama.

    NOOR ASIF
    PROJECT MANAGER OF 7ARTPRESSO
    AND FOUNDER OF BLACKANSWERED

    linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram