• Bahasa Indonesia
  • English
  • 2023
    Resin Cast
    94 x 59,5 x 3,2 cm

    Dewasa ini sebuah tata ruang mulai memiliki peran dan pengaruhnya masing-masing bagi manusia, dari kebutuhan dasar, sosial, ekonomi, religi dan politik. Seiring dengan berjalannya waktu peran dan pengaruh ini memiliki dampak yang tentunya dapat kita rasakan, baik secara fisik maupun psikis.
    Dampak ini secara sadar atau tidak menjadikan kita selalu berfikir, dan bahkan cemas ketika menilai atau berada sebuah ruang yang hari ini banyak memiliki unsur identitas.

    Tak jarang ada kecemasan berlebih ketika saya melakukan ibadah di Gereja saat momen tertentu, sebuah ruang yang sarat identitas. Banyak bentuk ruang telah dibangun tanpa meninjau ulang, dan sialnya kita harus dipaksa menikmati kesenangan atau bahkan kecemasan. Dengan kata lain, kita datang di sebuah ruang yang itu tidak kita inginkan dengan berbagai gejolak.

    Karya ini terinspirasi dari novel The Wall (Le Mur) oleh Jean-Paul Sartre, 1939

    Pameran ini didukung oleh Biennale Jogja melalui program Tangga Teparo
    Hak cipta dilindungi undang-undang. Tidak ada bagian dari publikasi ini yang boleh direproduksi tanpa izin sebelumnya dari artis pencipta karya dan Artspace Wae selaku penyelenggara acara.